Membuat PIVOT TABLE di Ms Excel 2010

Salah satu fitur dari Microsoft Excel 2010 adalah fitur PivotTable. Banyak diantara kita yang jarang memanfaatkan fitur ini. PivotTable merupakan spreadsheet database yang dapat diatur secara interaktif. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat membuat laporan yang interaktif dengan beberapa langkah termasuk mengurutkan data, menyaring data, membuat grand total serta kemudahan dalam mengatur field-field yang ditampilkan dalam ringkasan dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik

Berikutnya langkah-langkah membuat PivotTable :
1.       Jalankan Ms Excel seperti biasa hingga tampil lembaran kerja (workbook) Ms Excel
2. Tempatkan penunjuk cell pada area tabel lalu pada tab Insert kategori Tables klik
PivotTable sehingga muncul kotak dialog Create PivotTable.

3. Pada bagian Choose where you want the pivotTable report to be placed ada 2 pilihan, yaitu:
· New Worksheet : untuk menempatkan report PivotTable pada sheet baru.
· Existing Worksheet : untuk menempatkan report PivotTable pada sheet yang sama dengan memilih lokasinya di bagian Location. Pilih New Worksheet lalu klik OK dan berinama Lap.Penjualan.
4. Pada sheet yang telah diberi nama tadi tampilannya seperti berikut:

5. Layout PivotTable yang masih kosong dapat Anda isi dengan cara drag&drop field-field yang tersedia dalam PivotTable Field List ke Area Section yang diinginkan.
6. Ikuti penempatan fieldnya sehingga tampilannya seperti berikut:


0 komentar:

Posting Komentar