Salah satu fitur dari
Microsoft Excel 2010 adalah fitur PivotTable. Banyak diantara kita yang jarang
memanfaatkan fitur ini. PivotTable merupakan spreadsheet database yang dapat
diatur secara interaktif. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat membuat
laporan yang interaktif dengan beberapa langkah termasuk mengurutkan data,
menyaring data, membuat grand total serta kemudahan dalam mengatur field-field
yang ditampilkan dalam ringkasan dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik
Berikutnya
langkah-langkah membuat PivotTable :
1. Jalankan Ms Excel seperti biasa hingga tampil lembaran
kerja (workbook) Ms Excel
2. Tempatkan penunjuk cell
pada area tabel lalu pada tab Insert kategori Tables klik
PivotTable sehingga muncul kotak dialog Create PivotTable.
3. Pada bagian Choose
where you want the pivotTable report to be placed ada 2 pilihan, yaitu:
· New Worksheet : untuk menempatkan report PivotTable pada sheet baru.
· Existing Worksheet : untuk menempatkan report PivotTable pada sheet yang sama dengan memilih lokasinya di bagian Location. Pilih New Worksheet lalu klik OK dan berinama Lap.Penjualan.
· New Worksheet : untuk menempatkan report PivotTable pada sheet baru.
· Existing Worksheet : untuk menempatkan report PivotTable pada sheet yang sama dengan memilih lokasinya di bagian Location. Pilih New Worksheet lalu klik OK dan berinama Lap.Penjualan.
4. Pada sheet yang telah
diberi nama tadi tampilannya seperti berikut:
5. Layout PivotTable yang
masih kosong dapat Anda isi dengan cara drag&drop field-field yang
tersedia dalam PivotTable Field List ke Area Section yang
diinginkan.
6. Ikuti penempatan fieldnya
sehingga tampilannya seperti berikut:
0 komentar:
Posting Komentar